Trik Menyiram Tanaman Yang Tepat!

Mempunyai hobi berkebun dan merawat tanaman merupakan hal yang paling asik untuk dijalanin. Anda merawatnya dari benih sampai tumbuh besar. Merupakan kepuasan tersendiri jika merawatnya dengan tepat sehingga menghasilkan kebun berbunga.

Saat anda hendak menyiram tanaman kenali dulu jenis tanaman yang ditanam sehingga teknik penyiraman sangat tepat. Jika sudah mengenali jenis tanaman maka anda semakin tanggap dalam merawatnya serta mengetahui kebutuhan air yang diperlukan.

Jika anda tidak mengenali jenis tanaman maka saat menyiram tanaman apabila terlalu sedikit akan menyebabkan tanaman kekeringan. Dan sebaliknya dengan penyiraman terlalu banyak bisa menimbulkan kebusukan pada tanaman. Perlu anda ketahui cara penyiraman agar tanaman yang anda sukai tidak mati karena salah merawatnya.

Menyiram tanaman dari bawah adalah hal yang terbaik. Meskipun penyiraman dari atas masih merupakan cara yang biasa orang lakukan saat menyiramnya. Penyiraman dari bawah lebih homogen, lebih rentan terhadap penyiraman berlebihan dan tidak ada kekhawatiran mengeringkan nutrisi. Anda juga dapat memastikan bahwa air benar-benar sampai ke akarnya.

Saat anda menyiram gunakanlah gembor. Tempatkan gembor di bawah pot dan isi dengan air segar saat menyiram tanaman. Biarkan meresap selama beberapa jam. Kosongkan gembor dan biarkan sisa air menetes keluar. Teknik ini banyak digunakan oleh semua orang untuk menjaga kelembaban dan menjaga nutrisi.

Gunakan kerikil tanah liat untuk mempertahankan kelembaban. Anda dapat meletakkan kerikil tanah liat penahan air sebagai lapisan di atas tanah untuk memperlambat penguapan. Ini mudah ditemukan di pusat taman atau pembibitan tanaman.

Sebagian besar tanaman beriklim sedang dan terutama tanaman yang tumbuh di kebun sejak musim semi hingga musim panas membutuhkan air. Kecuali di musim hujan, Anda hampir tidak perlu menyiram tanaman.

Bagaimana Trik Menyiram Tanaman Yang Tepat?

 

Hal penting selanjutnya jika anda sudah menyiramnya yaitu taruh tanaman pada sinar matahari untuk proses fotosintesis. Semua tanaman membutuhkan yang namanya sinar matahari secara langsung. Akan tetapi jika tanaman berada di bawah sinar matahari langsung jangan sampai berlebihan karena bisa berakibat fatal. Setidaknya lakukanlah selama 3 sampai 4 jam karena itu sudah lebih dari cukup mendapat bantuan sinar matahari.

Cara merawat tanaman yang tepat yaitu mengenali jenis tanaman karena semuana membutuhkan tingkat kelembapan dan suhu yang pas. Pilihlah jenis tanaman yang sesuai dengan iklim dan kondisi yang cocok untuk ditanam di daerah anda. Hindari tanaman yang tidak cocok dengan kondisi suhu di daerah anda karena tidak akan bisa tumbuh.

Merawat tanaman juga memerlukan pupuk alami artinya bebas dari bahan-bahan kimia karena jika menginginkan tanaman yang baik maka membutuhkan perawatan yang tepat dan benar. Banyak yang menyarankan jika ingin menggunakan pupuk organik bisa dengan sisa kotoran hewan. Karena ini sangat murni dan membuat tanaman semakin subur tidak mudah layu.

Menjaga kebersihan di sekitar tanaman sangat diperlukan karena untuk menjaga tanaman agar tetap terawat dan terlihat cantik. Setidaknya lakukan dengan rutin setiap hari untuk membersihkan daun yang sudah mulai jatuh dan memangkas tumbuhan liar yang berada di sekitarnya.

Setelah dijelaskan panjang lebar di atas pasti anda sudah memahami cara merawat dan menyiram tanaman dengan memahami jenis tanaman yang akan ditanam. Memanjakan hobi berkebun sangat menyenangkan jika yang anda inginkan berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat dan selamat berkebun.